4/12/2014

Perwakilan indonesia di workshop seamolec dan kementerian pendidikan cambodia

Telat lagi telat lagi postingnya hehe ya tidak lain karena tugas yang menumpuk dan harus segera diselesaikan. Oke yuk kita mulai aja, dalam postingan ini saya mau share tentang keikutsertaan saya di workshop yang diselenggarakan oleh Seamolec bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Negara Cambodia. Nah disini saya dan 10 mahasiswa program beasiswa Double Degree Indonesia-Cambodia tukut ikut serta dalam workshop yang diselenggarakan oleh Seamolec.
Workshop ini diselenggarakan dalam kurun waktu 5 hari dari tanggal 24 - 28 Maret 2014 bertempat di Bun Rany Hun Sen Wat Phnom High School, buseeet panjang banget ya nama sekolahnya hehe, ibaratnya kalau di Indonesia SMP. Target peserta yang dipilih oleh Seamolec yaitu guru-guru setingkat sekolah yang mengajar mata pelajaran seperti Matematika, Fisika dan lain-lain dan diharapkan setelah workshop selesai para guru dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk sekolah masing-masing karena diera yang sangat canggih terhadap gadget diharapkan para guru dapat mengimbangi dan turut mengupgrade ilmu IT yang dimiliki sehingga kedepan diharapkan metode pembelajaran yang diajarkan dapat lebih efisien dan menyenangkan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada.
Materi yang dipersentasikan atau yang diberikan kepada para peserta ada 2 yaitu pembuatan digital book menggunakan Sigil dan pembuatan penerjemah percakapan 3 bahasa (Khmer-English-Indonesia) menggunakan Android App Inventor.
Menyenangkan sekali buat kami mahasiswa Indonesia bisa turut serta bergabung bersama guru-guru dari negara Cambodia dan tentunya kami bisa saling bertukar ilmu dan menambah pengalaman serta wawasan kami disini.
Hmm kurang lengkap ya kalau cerita tanpa gambar ya ga hehe, berasa sayur tanpa garam. Ok yuk kita lihat photo-photo workshopnya. Enjoy ^^


Gambar pertama ini merupakan hari pertama sekaligus pembukaan dari workshop SEA EduNet dan Sea Language kerjasama Seamolec dan Kementerian Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Cambodia yang dibuka oleh Deputy Director Program Seamolec yaitu Pak Ith Vuthy.


Nah kalau ini hari kedua dan kami semua sudah mulai membuat program digital book, digital book berguna untuk lebih mengefisienkan guru dalam menyampaikan pembelajaran sehingga guru tidak perlu lagi membawa buku-buku pelajaran yang sangat tebal dan berat karena cukup dengan membawa gadget yang mempunyai sistem operasi IOS atau Android kemudian menginstall aplikasi Reader, di IOS nama aplikasinya IBooks, di Android nama applikasinya Ideal Reader dan memasukkan file digital book yang sudah dibuat pada aplikasi Reader tersebut dan mempersentasikannya kepada murid-muridnya melalui media seperti proyektor atau LCD.


Nah untuk hari ketiga kami memulai materi yang kedua yaitu membuat aplikasi penerjemah percakapan 3 bahasa yaitu bahasa Khmer (Cambodia) – English – Indonesia. Maksud dari aplikasi ini yaitu aplikasinya berisi percakapan 3 bahasa dimana didalamnya terdapat text dan audionya juga sehingga selain dapat dibaca tulisannya, kita dapat mendengarkan bagaimana kata-kata dalam percakapan tersebut dikatakan.



Dihari keempat merupakan hari dimana para peserta mempresentasikan aplikasi yang telah dibuat sehingga tau manfaat serta tau cara pengimplementasian aplikasinya. Untuk hari kelima merupakan penutupan dari workshop yang telah dilaksanakan serta hal-hal apa yang telah dicapai dalam penyelenggaraan workshop ini.
Terimakasih untuk Seamolec dan Kementerian Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Cambodia.

3 komentar:

  1. Semangat kaka, , , take care your safe Ok😊, sehat selalu yah disana. Jangan lupa bahagia... Hehe

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan baik dan sopan ya ^^

View My Stats