11/15/2022

Cara membuat aplikasi pengelolaan data berbasis web menggunakan PHP dan MySQL

Salam semangatt teman-teman! harus tetap semangat yah karena semangatmu lah yang menentukan harimu, aseeek :D

Okee pada postingan ini kita akan mempelajari tentang tahapan-tahapan dasar untuk membuat aplikasi berbasis web loh.

Hmm aplikasi berbasis web itu apa sih yaa?

Biasanya kita kalau dengar aplikasi pasti mikirnya itu sesuatu yang harus di install kan yah, eits tunggu dulu, ada kok aplikasi yang tidak perlu kita install untuk menggunakannya. Nah aplikasi ini disebut dengan aplikasi berbasis web loh teman-teman.

Kenapa aplikasi berbasis web ini tidak perlu diinstall karena untuk mengaksesnya cukup melalui web browser saja, dengan koneksi internet atau intranet.

Sekarang ini banyak lembaga yang menggunakan aplikasi berbasis web untuk mengelola kegiatan lembaga, terlebih untuk membantu pengelolaan data di lembaga tersebut.

Yuk kita kepoin dulu kelebihan dari aplikasi berbasis web:

1. Tanpa perlu install aplikasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penggunaan aplikasi berbasis web tidak perlu install aplikasinya sebab untuk mengakses aplikasi berbasis web, teman-teman hanya perlu mengaksesnya melalui browser.

2. Akses yang lebih cepat dan ringan

Aplikasi berbasis web ini memberikan kita kemudahan untuk akses yang lebih cepat dan ringan karena teman-teman hanya tinggal menuliskan link di browser. Kecepatan akses ke aplikasi bergantung juga pada koneksi jaringan teman-teman, semakin cepat koneksi semakin cepat pula teman-teman dapat mengakses aplikasinya.

3. Update yang mudah

Update yang kita lakukan pada aplikasi berbasis web cenderung lebih mudah karena semua perbaikan dan update bersifat terpusat.

4. Multiplatform 

Selain tiga keuntungan sebelumnya, terdapat satu keuntungan lain dalam menggunakan aplikasi berbasis web yakni multiplatform. Multiplatform maksudnya adalah teman-teman dapat menggunakan aplikasi ini dengan menggunakan perangkat apapun (laptop, smartphone, dll.) yang memiliki dukungan browser dan jaringan yang telah ditentukan. Hal ini mendukung fleksibilitas penggunaan aplikasi berbasis web sehingga kita dapat mengakses aplikasi kapanpun dan dimanapun.

Teruss mudah ga sih buat aplikasi berbasis web? oh mudah banget kok temen-temen, ngecoding itu mengasyikan tauu, beneran serius ga boong hehe. 

Nah berikut ini tahapan-tahapan dasar untuk membuat aplikasi berbasis web yang bisa temen-temen ikuti yaa.

[1] Cara install software pendukung pembuatan aplikasi berbasis web

[2] Cara membuat proyek baru aplikasi berbasis web

[3] Cara membuat halaman aplikasi berbasis web

[4] Cara membuat database pada aplikasi berbasis web

[5] Cara membuat CRUD dengan PHP dan MySQL pada aplikasi berbasis web

Semangat ngembangin aplikasi kalian yaa ^^

This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan ya ^^

View My Stats