7/11/2023

Cara cek jurnal scopus ada di Q berapa

Dalam memilih jurnal scopus, terkadang kita mempertimbangkan jurnal tersebut termasuk dalam Q (quartile) berapa. Hal ini dilakukan biasanya mempertimbangkan reputasi jurnal tersebut, dimana semakin kecil Q maka semakin berkualitas juga jurnal tersebut. Nilai Q biasanya ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik, yang menunjukkan peringkat jurnal dalam quartile (Q1, Q2, Q3, atau Q4) berdasarkan kinerjanya dalam bidang tertentu. Quartile pertama (Q1) adalah yang tertinggi, diikuti oleh Q2, Q3, dan Q4.

Untuk memeriksa nilai Q jurnal yang terindeks di Scopus melalui Scimago Journal & Country Rank, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs web Scimago Journal & Country Rank di https://www.scimagojr.com
  2. Setelah membuka situs tersebut, Anda akan melihat halaman beranda scimago
  3. Jika anda sudah memiliki judul jurnal, silakan ketikkan nama jurnal pada form pencarian lalu klik enter
  4. Silakan klik jurnal yang anda cari lalu scroll ke bawah maka anda akan menemui diagram quartile yang menunjukkan jurnal tersebut termasuk pada Q berapa
Jika anda ingin mencari jurnal berdasarkan quartile berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Pada halaman https://www.scimagojr.com, di bagian atas halaman, temukan opsi "Journal Rangkings" 
  2. Pilih "All subject categories", contoh ketik education kemudian pilih kategori education tersebut
  3. Anda akan diperlihatkan daftar jurnal dalam kategori yang dipilih berdasarkan quartile (Q1 hingga Q4)
  4. Silakan Anda memilih jurnal mana yang diinginkan, pastikan Anda memilih jurnal yang sesuai dengan scope artikel yang ditulis

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memeriksa nilai Q jurnal yang terindeks di Scopus melalui Scimago Journal & Country Rank. Namun perlu juga untuk memeriksa langsung ke web scopus guna memastikan bahwa jurnal tersebut masih dalam coverage scopus belum discontinued melalui langkah berikut ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan ya ^^

View My Stats