8/25/2024

Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum keberangkatan studi ke Amerika

Bermimpi untuk bisa belajar di Amerika adalah salah satu pencapaian besar bagi aku karena negara ini merupakan salah satu pusat pendidikan dunia. Namun, mimpi ini datang dengan banyak persiapan yang harus dipertimbangkan dengan cermat apalagi sebelum keberangkatan ke kampus Amerika.

Aku pastikan dulu nih, tmn” yang baca artikel ini berati tmn” yang sudah mendapatkan LoA dari kampus Amerika dan sedang mempersiapkan berbagai hal untuk keberangkatan kan yaa? Karena hal-hal yang mau aku bagikan ini berkaitan dengan apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum keberangkatan. Tapii kalau tmn” yang mencari info tips untuk bisa dapat beasiswa studi ke Amerika, tmn” bisa baca artikel yang kubuat sebelumnya disini.

Penjelasan kali ini in general namun karena aku dosen jadi nanti ada beberapa hal yang spesifik yang berkaitan dengan pekerjaan dosen. Oke langsung aja, berikut ini beberapa hal penting yang harus kamu persiapkan sebelum keberangkatan studi ke Amerika.

1. Dokumen penting

Persiapan dokumen adalah langkah utama yang harus dipastikan selesai jauh sebelum keberangkatan. Pastikan kamu sudah memiliki:

- Paspor

Pastikan paspor hijau kamu masih berlaku setidaknya enam bulan setelah sampai di Amerika. Tapi aku kemarin masih 1 tahunan lagi tapi aku langsung perpanjang aja di Indonesia. 

Kalau untuk dosen seperti aku, aku juga buat paspor biru yang mana paspor ini untuk ASN, nah paspor ini digunakan untuk perjalanan dinas. Pengajuan paspor biru ini waktunya hampir sama dengan paspor hijau sekitar beberapa hari jadi, hanya saja ada beberapa dokumen yang perlu tmn” dosen sertakan. Pengurusan paspor biru ini dilakukan di kepegawaian universitas masing-masing dan bisa ditanyakan syarat dokumennya apa saja. Kalau aku kemarin diminta menyertakan beberapa hal ini seperti foto, akta kelahiran, kartu keluarga, KTP, SK PNS, kartu pegawai, paspor hijau, dan surat setneg.

- Surat penerimaan (I-20/DS-2019)

Untuk yang studi di Amerika, surat penerimaannya dalam bentuk I-20 untuk visa F-1 atau DS-2019 untuk visa J-1. Pembuatan dokumen ini membutuhkan waktu jadi setelah tmn” mendapatkan LoA biasanya kampus akan meminta beberapa dokumen yang mereka butuhkan untuk memproses surat penerimaan ini. 

- Surat Keuangan

Surat ini kalau aku bilang adalah surat sakti hehe. Surat ini pasti akan diminta kampus Amerika sebagai bukti biaya kuliah dan biaya hidup kita disana dijamin siapa dan berapa nominal yang diberikan. Kalau awardee beasiswa seperti aku, nama surat keuangan ini adalah Letter of Guarantee (LoG). Di surat ini akan dijabarkan apa saja yang ditanggung oleh pemberi beasiswa seperti tuition fee, book allowance, living allowance, health insurance, settlement allowance, family allowance, dll.

- Visa pelajar (F-1/J-1)

Pastikan kamu telah memiliki visa F-1 atau J-1 untuk bisa masuk ke Amerika. Pengajuan visa pelajar ini membutuhkan waktu (tmn" bisa baca tahapan pengajuannya disini), jadi ajukan segera setelah kamu mendapatkan surat penerimaan (I-20/DS-2019) dari kampus.


2. Kesehatan dan asuransi

Perawatan kesehatan di Amerika itu sangat mahal, oleh karena itu, penting untuk memiliki asuransi kesehatan yang sesuai dan beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti:

- Pemeriksaan kesehatan

Lakukan pemeriksaan kesehatan lengkap sebelum keberangkatan (ini opsional), dan melakukan vaksinasi. Beberapa kampus Amerika mengharuskan untuk melakukan beberapa vaksinasi sebelum sampai ke kampus. Aku kemarin diminta kampus untuk melakukan vaksin MMR, Varicella, Tdap, dan Meningintis.

- Pemeriksaan gigi

Seperti yang aku bilang tadi, perawatan kesehatan di Amerika itu mahal, salah satunya perawatan gigi jadiii saranku tmn” periksa gigi sebelum berangkat, apa ada yang bolong dll. Aku kemarin juga periksa gigi dulu sebelum berangkat dan karena gigiku ga ada masalah jadi aku cuma scaling gigi aja buat bersihin.

- Pemeriksaan mata

Selain gigi, perawatan mata pun sama mahalnya so ya paling bagusnya tmn” cek mata di Indonesia aja. Siapa tau kan ya minus atau bahkan silindris kayak aku hehe.

- Asuransi kesehatan

Untuk penerima beasiswa, asuransi kesehatan ini akan ditanggung oleh pemberi beasiswa dengan nominal yang telah ditentukan oleh pemberi beasiswa yang tertera di LoG.


3. Pembiayaan dan keuangan

Pastikan kamu memiliki rencana keuangan yang solid, termasuk persiapan dana darurat seperti:

- Pembukaan rekening bank

Cari tahu bank mana di Amerika yang memiliki kemitraan dengan bank di Indonesia untuk memudahkan transaksi atau buka akun bank yang mudah untuk melakukan transaksi di luar negeri. Aku kemarin buka akun di Jenius BTPN karena cardnya bisa digunakan untuk transaksi di luar negeri terutama Amerika dan ga ribet.

- Beasiswa dan pendanaan

Pastikan dana beasiswa atau sumber pendanaan lainnya siap dan tersedia sebelum kamu pergi.

- Membawa uang tunai

Bawa sejumlah uang tunai dalam mata uang dolar untuk keperluan awal, seperti transportasi atau pembelian kebutuhan mendesak. Kamu bisa mempersiapkan uang tunai yang kira-kira amannya itu sekitar $500.


4. Persiapan akademik

Setelah diterima di kampus tujuan, lakukan persiapan akademik dengan matang diantaranya:

- Mengenal kurikulum

Pelajari kurikulum dan silabus dari program studi kamu agar lebih siap ketika memasuki kelas. Biasanya kampus Amerika itu informasi dan detailnya sangat lengkap dimunculkan di website jadi rajin-rajin baca setiap sudut webnya.

- Hubungi advisor

Hal ini paling penting karena sebelum kamu datang ke kampus, kamu perlu tau siapa advisor kamu. Bila perlu lakukan pertemuan online untuk bisa berdiskusi tentang plan studi kamu.

 - Sumber belajar

Cari tahu buku teks atau bahan bacaan yang direkomendasikan oleh kampus dan beli atau akses secara online.


5. Tempat tinggal dan transportasi

Menyiapkan tempat tinggal di Amerika sebelum kamu tiba ini penting bangeeet loh.

- Asrama kampus atau apartemen

Jika kamu tinggal di asrama, pastikan semua dokumen dan pembayaran selesai. Jika memilih apartemen, siapkan kontrak sewa dan rencana transportasi.

- Rencana transportasi

Ketahui rute dari bandara ke tempat tinggal kamu, ada yang menjemput atau tidak. Jika tidak, kamu bisa menggunakan aplikasi transportasi online seperti Uber atau Lyft untuk dapat membantu jika belum memiliki jemputan.


6. Kenali budaya dan sistem amerika

Amerika adalah negara multikultural dengan beragam sistem yang berbeda dari negara kita Indonesia.

- Budaya lokal

Pelajari kebiasaan sosial, etiket, dan budaya Amerika agar kamu bisa beradaptasi dengan lebih mudah. Berbicara dengan mahasiswa internasional yang sudah berpengalaman juga bisa sangat membantu. Sejauh yang aku alami, kebiasaan mereka diantaranya kalau kita lebih dulu buka pintu, tahan dulu untuk orang setelahnya. Selain itu, ada budaya untuk memberikan tip.

- Hukum dan peraturan

Ketahui aturan visa dan batasan kerja selama studi. F-1 biasanya mengizinkan kerja di kampus dengan batasan jam tertentu berbeda dengan visa J-1, jadi pastikan kamu memahami kebijakan ini.


7. Konektivitas

Menjaga koneksi dengan keluarga dan teman di negara asal sangat penting:

 - Rencana telekomunikasi

Siapkan rencana internasional dari penyedia telekomunikasi. Aku kemarin 1 hari sebelum keberangkatan, aku beli paket roaming telkomsel untuk ke Amerika yang 10 hari. Paket ini juga cover sinyal internet di negara transit, waktu itu aku transit di dubai dan setelah sampe di Amerika bisa dipakai dengan lancar. 

- Alat Komunikasi

Sinyal di Amerika sudah 5G jadi hanya HP yang sudah support sinyal ini yang internetannya lancar. Selain itu, kebanyakan Iphone dan beberapa seri Samsung yang bisa digunakan disini jadi kalau tmn” HPnya selain ini mungkin baiknya bisa beli dulu di Indonesia.


8. Mental

Beralih ke kehidupan baru di Amerika bisa menantang secara mental dan emosional so tmn" harus apa?

- Mempersiapkan mental

Mulailah membangun sikap positif dan fleksibel untuk menghadapi perbedaan budaya dan sistem pendidikan.

- Jaringan Dukungan

Bergabunglah dengan komunitas mahasiswa internasional di kampus untuk berbagi pengalaman dan mendapatkan dukungan.


Selain 8 poin diatas, beberapa hal ini perlu diperhatikan sewaktu keberangkatan tiba:

1. Tmn" pastikan tanggal berangkat sesuai dengan tanggal ketentuan Visa (biasanya no more than 30 days in advance)

2. Pastikan make appointment sebelum keberangkatan jika ada penjemputan dari bandara ke housing

3. Simpan dan pastikan alamat tinggal dan rekan yang bisa dijadikan contact darurat

4. Pastikan semua dokumen seperti paspor, Visa, DS-2019, SEVIS, LoG, bukti vaksin, dll dibawa dalam bentuk softfile dan juga hardcopy. Masukkan dokumen-dokumen tersebut di map dan bawa di handcarry untuk memudahkan saat proses imigrasi and customs

5. Cek bagasi, pastikan tidak ada barang terlarang

6. Pastikan paket roaming sudah aktif sebelum berangkat dari Indonesia


So dari aku, persiapan yang matang adalah kunci untuk memulai perjalanan studi di Amerika dengan lancar. Dari dokumen hingga mental, semua aspek perlu diperhatikan agar kamu dapat beradaptasi dengan baik dan sukses dalam studi serta kehidupan di Amerika. Good luck gaes!

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan ya ^^

View My Stats