8/27/2024

Apa saja yang perlu mahasiswa Indonesia lakukan setelah sampai di Amerika

Selamaaat aku ucapkan ke tmn” yang udah sampai ke negeri Paman Sam. Setelah perjalanan panjang dan persiapan matang, akhirnya kamu sampai di Amerika Serikat. Mungkin rasanya campur aduk antara senang, lega, tapi juga sedikit cemas. Bagi student Indonesia yang baru tiba, ada beberapa langkah penting yang perlu dilakukan untuk memulai hidup dan studi di negeri Paman Sam.


1. Lapor diri ke kampus

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah langsung buat student id ke kampus karena ini akan menjadi identitas tmn" disini. Selanjutnya lapor diri ke kampus via OGS, silakan tmn” kunjungi link https://i94.cbp.dhs.gov/I94/#/recent-search. Masukkan paspor, Visa, dan tanggal datang lalu download atau print i94 yang telah diisi.

Biasanya, kampus juga akan mengadakan orientasi untuk mahasiswa internasional. Pastikan kamu menghadiri sesi orientasi ini karena banyak informasi penting tentang akademik, peraturan kampus, hingga tips hidup di Amerika yang akan dibahas.


2. Aktivasi kartu SIM

Mengaktifkan kartu SIM lokal penting agar kamu dapat terhubung dengan teman, keluarga, dan pihak kampus. Pilih provider yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaranmu. Provider seperti T-Mobile, AT&T, dan Verizon sering menjadi pilihan mahasiswa indonesia karena jangkauan luas dan berbagai paket data yang fleksibel. Aku sendiri memilih AT&T sebagai kartu SIM yang aku gunakan. Aktivasi kartu SIMnya cukup mudah hanya memerlukan paspor, student ID, dan tadaaa kartu SIM jadi deh. Untuk plan internet juga banyak tawaran yang diberikan, untuk AT&T ada beberapa pilihan lines, semakin banyak lines (banyak orang yang masuk dalam plan internet kita) maka akan semakin murah. Aku dan tmn”ku disini buka 7 lines dan setiap bulan kami harus membayar sekitar $36 untuk paket internet unlimited dan bisa hostpot dari HP kita.


3. Buat akun bank

Membuka rekening bank di Amerika akan memudahkanmu dalam melakukan transaksi sehari-hari, membayar tagihan, serta menerima kiriman uang dari Indonesia. Beberapa bank yang populer di kalangan mahasiswa indonesia antara lain Chase, Bank of America, dan Wells Fargo. Jangan lupa membawa paspor, I-20 atau DS-2019, dan bukti alamat untuk membuka rekening.


4. Cari akomodasi

Jika belum mendapatkan akomodasi tetap, prioritaskan untuk mencarinya sesegera mungkin. Kampus biasanya menawarkan opsi asrama, tetapi jika kamu ingin tinggal di luar kampus, cobalah mencari apartemen atau rumah sewa yang dekat dengan kampus untuk memudahkan mobilitas. Website seperti Zillow, Apartments.com, atau Craiglist dapat menjadi referensi pencarian akomodasi.


5. Pahami transportasi lokal

Setiap kota di Amerika memiliki sistem transportasi yang berbeda. Pelajari cara menggunakan transportasi umum di kotamu. Kalau di Bloomington tempat aku belajar, aku biasanya menggunakan bus karena banyak titik berhenti bus yang menjangkau tempat-tempat yang strategis mulai dari kampus, apartment, mall, dll. Hal baiknya lagi, bus disini gratis tis tisss asalkan memperlihatkan student id hehe.


6. Daftarkan diri untuk asuransi kesehatan

Di Amerika, asuransi kesehatan adalah suatu keharusan karena biaya medis sangat mahal. Biasanya kampus menyediakan asuransi kesehatan untuk mahasiswanya. Pastikan kamu memahami detail polis asuransi yang ditawarkan, atau jika memilih asuransi di luar kampus, lakukan riset untuk menemukan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Pengalamanku kemarin, OIS kampusku yang mengurus proses ini kemudian aku diminta untuk melakukan pendaftaran dari link yang dikirimkan dan tadaa selesai deh.


7. Atur jadwal akademik

Segera setelah orientasi, kamu akan mulai merencanakan jadwal akademikmu. Kamu perlu berkonsultasi dengan academic advisor untuk memilih mata kuliah atau merancang jadwal yang sesuai dengan beban studi dan minatmu.


8. Gabung dengan komunitas Indonesia

Meskipun kamu berada jauh dari rumah, kamu tidak sendirian. Banyak komunitas Indonesia di berbagai kota di Amerika yang bisa menjadi support system bagimu. Bergabunglah dengan perhimpunan pelajar indonesia di daerahmu untuk bertemu dengan sesama mahasiswa Indonesia, berbagi pengalaman, dan mendapatkan dukungan moral.


9. Lapor diri ke KBRI

Ini perlu dilakukan untuk memberikan informasi ke KBRI bahwa kita sudah sampai di Amerika dan kemudian kita terdata pada database KBRI sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kita dapat mengaarkan KBRI. Untuk lapor diri ini, silakan kunjungi portal pelayanan dan perlindungan WNI di luar negeri melalui link https://peduliwni.kemlu.go.id/beranda.html. Klik daftar lalu ikuti langkah-langkahnya hingga selesai


Terakhir, ingatlah untuk menikmati setiap momen. Studying abroad adalah pengalaman yang sangat berharga. Jangan terlalu khawatir dengan hal-hal kecil dan berikan dirimu waktu untuk beradaptasi. Jelajahi lingkungan baru, kenali budaya Amerika, dan manfaatkan peluang yang ada di depanmu. Selamat menikmati petualangan barumu temaan!


0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan ya ^^

View My Stats