8/26/2024

Tips dan pengalaman pembuatan Visa J-1 untuk studi di Amerika

Meraih kesempatan untuk studi di Amerika dengan Visa J-1 adalah sebuah petualangan yang dimulai bahkan sebelum kita menginjakkan kaki di Amerika. Di sini, aku mau berbagi pengalaman tentang proses pembuatan Visa J-1, dari awal hingga akhir, lengkap dengan tips yang bisa membantu kamu menghadapi proses ini dengan lebih percaya diri.


1. Punya dokumen DS-2019

Tahap pertama yang harus kamu lalui adalah mendapatkan dokumen DS-2019, yang merupakan surat sponsor dari kampus tempat kamu akan belajar di Amerika. Proses ini bisa memakan waktu, tergantung kecepatan kampus dalam memproses dokumen. Pastikan untuk selalu berkorespondensi dengan pihak kampus dan memeriksa email secara rutin.

Tips:

Persiapkan semua dokumen yang diminta kampus, seperti LoA, bukti pendanaan, dan paspor.


2. Isi form DS-160

Setelah menerima DS-2019, langkah berikutnya adalah mengisi formulir DS-160, formulir permohonan visa non-imigran yang harus diselesaikan secara online melalui link https://ceac.state.gov/genniv/. Formulir ini berisi informasi pribadi, latar belakang pendidikan, dan rencana studi di Amerika. Proses pengisian ini membutuhkan waktu dan ketelitian. Buat tmn” yang butuh panduan tahapan pengisiannya bisa DM ke Instagram aku yaa nanti aku share dokumennya.

Tips:

Pastikan semua informasi yang dimasukkan benar dan sesuai dengan dokumen pendukung yang akan kamu bawa ke wawancara. Simpan nomor konfirmasi DS-160 karena ini akan diperlukan saat jadwal wawancara.


3. Bayar SEVIS fee

Setiap pemegang Visa J-1 wajib membayar SEVIS fee (Student and Exchange Visitor Information System) sebelum wawancara visa. Pembayaran ini harus dilakukan secara online melalui link https://www.fmjfee.com/i901fee/index.html dan konfirmasi pembayarannya harus dibawa ke wawancara visa nanti.

Tips:

Simpan bukti pembayaran SEVIS fee baik dalam bentuk fisik maupun digital. Ini sering kali menjadi dokumen yang diminta selama wawancara.


4. Jadwalkan wawancara Visa

Setelah formulir DS-160 selesai, lanjut ke penjadwalan wawancara di kedutaan atau konsulat Amerika terdekat melalui link https://portal.ustraveldocs.com/. Jadwal wawancara ini sangat tergantung pada ketersediaan slot, jadi semakin cepat kamu daftar, semakin baik.

Tips:

Usahakan memilih jadwal wawancara dengan cukup waktu sebelum keberangkatan, sehingga jika ada masalah atau dokumen tambahan yang dibutuhkan, kamu masih punya waktu untuk memperbaikinya.


5. Wawancara di kedutaan Amerika

Hari yang paling menegangkan akhirnya tiba, yak wawancara visa! Nah pada tahap ini, kamu harus membawa semua dokumen yang diperlukan diantaranya foto 5x5 1 lembar, paspor, DS-2019, konfirmasi DS-160, bukti pembayaran SEVIS fee, dan dokumen pendukung lainnya seperti LoA dan bukti keuangan (LoG).

Di ruang wawancara, petugas visa akan mengajukan beberapa pertanyaan seputar tujuan studi, program yang akan diikuti, serta bagaimana kamu akan membiayai studi tersebut. Tujuan utama wawancara adalah untuk memastikan bahwa kamu memiliki niat yang jelas untuk kembali ke negara asal setelah menyelesaikan program studi.

Tips:

Jawablah pertanyaan dengan jujur, percaya diri, dan yang terpenting tidak bertele-tele. Latih jawaban kamu jika perlu, terutama tentang rencana studi dan tujuan kamu setelah program berakhir. Ini adalah bagian penting dalam meyakinkan petugas bahwa kamu memenuhi syarat untuk Visa J-1.


6. Persetujuan Visa

Jika semua berjalan lancar, kamu akan mendapatkan persetujuan visa. Paspor kamu akan disimpan oleh kedutaan dan akan dikembalikan dengan visa yang sudah ditempelkan di dalamnya. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa hari hingga satu minggu, tergantung pada lokasi dan kedutaan.


7. Penyerahan paspor dan Visa

Setelah visa kamu selesai, kedutaan akan menginformasikan ke kamu bahwa Visa kamu telah selesai dan bisa mengambilnya langsung di kedutaan. Namun, jika pada saat penjadwalan wawancara, kamu memilih untuk dikirim maka kedutaan akan mengirimkan paspor dan visa kamu melalui layanan kurir yang kemudian ada email untuk kamu membayar biaya pengiriman tersebut.


Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang sedang mempersiapkan pembuatan Visa J-1. Jangan lupa untuk selalu memeriksa situs resmi kedutaan Amerika untuk informasi terbaru terkait prosedur Visa. Wish you luck!

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan ya ^^

View My Stats