9/07/2024

Cara menciptakan critical concept yang baik dari bacaan

Hi semuaa, kali ini kita akan bahas gimana sih bisa menciptakan critical concept. 

Hmm critical concept itu apa sih? Kita singkat CC aja ya biar gampang nanti mentionnya, jadi CC itu adalah ide atau gagasan yang kita kembangkan dari analisis kritis berdasarkan apa yang kita baca.

Pentingkah CC dalam proses berpikir kita? Penting bangettt.

Kenapa? Melalui CC ini akan menghasilkan proses berpikir yang mendalam dari bacaan kita yang melibatkan sintesis, perbandingan, dan evaluasi.

Siapa yang harus menggunakan CC? Setiap orang harusnya menggunakan CC ya biar kita selalu bisa memunculkan critical thingking terutama siswa, mahasiswa, guru, dosen, dll. Untuk siswa/mahasiswa, CC diperlukan untuk menyelesaikan tugas essay/laporan yang diberikan oleh guru atau dosen sehingga kita akan terbiasa untuk membentuk proses berpikir yang kritis. Untuk guru/dosen, CC ini diperlukan untuk menghasilkan tulisan yang kritis biasanya guru/dosen dituntut untuk menghasilkan tulisan ilmiah dan CC diperlukan untuk bisa memunculkan sintesis dan menghadirkan argument yang kuat.

Kenapa aku buat tulisan tentang ini? Ini berangkat dari pengalaman aku mengajar dan mereview tulisan siswa/mahasiswa/pendidik dan juga kekhawatiran aku tentang proses berpikir mereka dalam membaca. Mereka terkadang belum bisa menghasilkan CC dari apa yang dibacanya. Padahal dengan CC, kita bisa memunculkan pemahaman mendalam, mengidentifikasi dan menanggapi masalah, bahkan bisa mengembangkan argument yang kuat loh. Nah kekurangan kita ya disini, jadi harapanku dengan adanya tulisan ini dan kalian yang membaca tulisan ini, setelahnya sudah mampu merubah proses berpikir kalian dan bisa memunculkan critical thinking dari apa yang kalian baca.

Mengapa tulisan ini penting untuk dibaca? Karena untuk akademisi seperti kita, akan selalu bertemu dengan banyak dan beragam bacaan yang perlu kita tarik CC dari setiap bacaan tersebut. Seperti aku, saat kalian baca ini, aku merupakan student di Indiana University Bloomington, USA yang dituntut untuk mengumpulkan CC setiap minggu dari 4-5 paper/book chapter yang aku baca (setiap paper terdiri dari 15-25 halaman). Aku menulis ini juga berdasarkan pengalamanku yang mendapatkan grade sempurna 10/10 yang diberikan oleh Professorku dari first attempt tugas CC aku loh, rasanya bangga sama diri ini hehe. Jadi gpp kan yaa aku merasa ini pencapaian yang bagus untuk aku sebagai student dari Indonesia yang tmn” kelasku itu berasal dari orang-orang pintar dari berbagai negara seperti Amerika, Eropa, Asia, dan Afrika. Soo makanya aku perlu membagikan tulisan ini ke kalian semua ^^. Btw sebelumnya aku memang suka membaca dan menulis, dan sudah mempublikasikan tulisanku di berbagai jurnal bereputasi jadi mungkin sudah terbiasa untuk mengembangkan CC dari setiap bacaanku.



Oke, sekarang kita bahas ciri-ciri critical concept ya.

1. Munculkan analisis

CC itu bukan hanya summary dari bacaan kita tapi cobalah untuk memunculkan analisis. Gimana cara memunculkannya? Bisa dilihat dari kekuatan, kelemahan, dan implikasi dari bacaan kita.

2. Lakukan sintesis gagasan

CC yang baik juga terdiri dari gabungan dari berbagai gagasan dan sudut pandang sehingga menciptakan sebuah konsep baru yang lebih mendalam. Ini bisa ditunjukkan dengan cara memadukan, mengkritisi, dan menanggapi teori yang ada.

3. Harus argumentatif

CC yang baik pasti memiliki posisi, maksudnya? Posisi disini yakni pandangan yang jelas dari masalah berdasarkan bacaan kita, daaan jangan lupa didukung dengan alasan atau bukti yang relevan ya. 


Yuks lanjut ke langkah untuk mengembangkan CC yang baik dan kuat.

1. Pahami materi 

Baca dan pahami

Baca dan sorot poin-poin penting, buatlah catatan dari bacaan itu, dan cobalah buat pertanyaan dari bacaan tersebut.

Identifikasi gagasan utama

Fokuslah pada teori atau konsep yang dihadirkan, dan argument yang dimunculkan dalam bacaan.

Pahami terminologi

Pastikan kita paham sama semua terminology/istilah dan konsep utama yang digunakan dalam bacaan.


2. Temukan kesenjangan

Cari ketidakkonsistenan

Ini aku kasih tips gimana sih cara cepat paham kesenjangan dari sebuah bacaan. Caranya coba kalian identifikasi kontradiksi atau bagian yang argumen penulis terlihat lemah atau tidak ada pendukungnya.

Pertanyakan asumsi yang muncul

Ini lebih advance lagi, kalian bisa menantang asumsi yang ada dalam bacaan. Gampangnya gini, coba tanya ke diri sendiri kira-kira asumsi yang dibuat penulis itu valid atau masih perlu pengujian lebih lanjut.


3. Lakukan sintesis

Buat perbandingan dan cari perbedaan

Sepertinya hal ini ga terlalu susah ya, jadi yang kita lakukan cuma perlu membandingkan beberapa bacaan kita. Apa yang dibandingkan? Kalian bisa bandingkan perspektif dari berbagai penulis tersebut lalu identifikasi perbedaan yang mencolok.

Temukan hubungan

Ini pun gampang, kalian perlu mencari hubungan antara gagasan atau konsep yang dimunculkan dalam bacaan. Intinya kira-kira isi dari bagian ini menjawab pertanyaan ini, "bagaimana bacaan-bacaan tersebut saling berhubungan?".


4. Munculkan perspektif baru

Buat tesis

Bentuk CC yang baik bisa dilihat dari bagian ini yakni memunculkan perspektif baru dan unik dari analisis yang kalian buat. Di bagian ini, kalian bisa mengembangkan argument sehingga memperlihatkan pemahaman kritis dari bacaan kalian.

Buat implikasi

Pertimbangkan tentang implikasi dari bacaan kalian, kira-kira untuk menjawab pertanyaan ini, "bagaimana argument kalian bisa berkontribusi pada bidang tersebut?".


5. Berikan bukti

Kalian perlu memberikan bukti dari argument yang telah kalian buat. Bukti ini dapat berupa sumber yang berasal dari jurnal, buku, pengalaman orang lain, dll. Intinya ada bukti penguat dari argument yang dibangun. Lalu sajikan analisis tentang bagaimana bukti yang dihadirkan itu mendukung argument kalian.


6. Minta masukan dan revisi jika perlu

Minta masukan dari orang lain

Mintalah orang lain membaca tulisan kalian untuk mendapatkan masukan yang berguna guna memperbaiki kualitas dan menyempurnakan tulisan kalian.

Revisi

Jika mendapati masukan atau kritikan dari orang lain, jadikan itu sebagai evaluasi dan perbaiki. Usahakan bersikap terbuka pada umpan balik yang diberikan orang lain agar tulisan kalian menghasilkan CC yang baik.


Finally, dengan kalian mengikuti langkah-langkah ini, aku harap kalian sudah bisa membuat CC yang baik dari bacaan-bacaan kalian.

So tunggu apa lagi, yuks langsung praktekin buat CC dari bacaan kalian, good luck!

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan ya ^^

View My Stats